Bercermin pada Diri Sendiri

Banyak orang yang suka menyuruh orang lain untuk melakukan suatu kebaikan padahal dirinya sendiri tidak melakukan kebaikan tersebut.

Sebagai contoh:
Seorang ayah yang setiap hari melarang anak-anaknya untuk tidak merokok padahal ia sendiri adalah seorang perokok berat. Alangkah ironisnya bertahun-tahun kemudian semua anak lelakinya adalah seor
ang perokok.

Lalu seorang pemimpin yang memerintah rakyatnya untuk melakukan suatu pekerjaan yang dianggapnya baik dan lebih bagus untuk dikerjakan beramai-ramai sedangkan ia sendiri karena merasa sebagai seorang penguasa maka ia ongkang-ongkang kaki layaknya penonton setia. Tentu saja tidak ada yang mau melakukan hal tersebut.

Apakah kita sudah sadar apabila kita berdakwah maka tak ada orang yang mendengarkan kita bisa jadi disebabkan perilaku kita yang mereka lihat? Wallahu Alam.

Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir?(Surah: Al-Baqarah, Ayat: 44 )