Monthly Archives: August 2009

Yampun… Kutipan Ini…

78, was my dream school and now its just a nightmare. teachers, most of them are boring. project seems never stop.

Semoga semuanya berubah menjadi baik. Amin

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Saya, Aku, Gue, dan Ana

Sudah lama tidak menulis blog. Kini saya hadir kembali di sini, dengan celotehannya yang seringkali tidak jelas. Sebelumnya saya juga mau mengucapkan selamat ulang tahun kepada multiply saya. Semoga ke depannya bisa terurus dengan baik dan isinya menjadi berbobot.

Oke, perkenankan saya untuk memulai celotehannya.

Saya, kata ini konon berasal dari kata sahaya. Kata ini jika diucapkan ke yang lebih tua atau muda dianggap sopan. Namun, kurang sopan bila diucapkan ke teman sebaya. Ada pandangan bahwa yang mengucapkan itu menganggap dirinya lebih tua, lebih berilmu, atau tingkat stratanya lebih tinggi.

Aku, merupakan konotasi kata saya yang sombong bagi sebagian orang. Tidak sopan bila diucapkan ke yang lebih tua atau muda. Kata seorang teman, dulu jika memakai kata aku pada orangtuanya dianggap sebagai anak yang tidak sopan. Tapi sekarang anak-anak suka memakai kata aku bila berbicara dengan orangtuanya. Uniknya lagi, dulu saya suka memakai kata aku-kamu kepada teman-teman. Wow, ternyata setelah pindah sekolah ke Tangerang dan melanjutkan ke Jakarta, ternyata di sini aku-kamu sangat aneh bila diucapkan kepada teman sebaya. Apalagi dengan lawan jenis, bisa dianggap pacaran. Tapi sampai sekarang saya masih menggunakan aku-kamu pada teman sebaya.

Gua, lazim diucapkan kepada teman sebaya. Tapi di banyak daerah gua-lu / gue-lo hanya diucapkan jika sedang bercanda. Kalau biasanya sih, ya tetap aku-kamu.

Ana, sering diucapkan oleh anak rohis, anak pesantren, atau orang-orang yang tinggal di kawasan berbahasa Arab. Saya pernah mencoba memakai ana-anti eh, malah begini, “Cie…cie… yang sekarang jadi anak rohis.Ngomongnya udah syukron-afwan, akhi-ukhti.” Sayangnya Bahasa Arab saya masih masih jelek.

Ya… semua yang di atas itu sih tergantung nilai dan norma yang berlaku di masyarakat (halah, bahasanya… anak IPS sekali!) dan yang paling penting kita memperhatikan kebiasaan di sekitar kita.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Konslet

kayaknya Latansa konslet lagi dah

semua yang diomongin jayus semua

padahal nggak niat buat ngelawak

sering banget denger,”iiihh latansa lucuuu yyyaaaaaa”.

kalau nggak, “Latansa lucu banget, belajar ngelawak dari mana?”

ckckck… semoga bisa meremedial diri supaya nggak konslet lagi.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Apa Makna Ibadah?

Mungkin timbul pertanyaan: Lalu apakah hidup kita ini hanya untuk sholat saja, ke masjid saja, mengaji saja ? Kemudian tidak mancari nafkah, tidak menikah ? Sebelum bertanya-tanya, lebih dulu harus kita pahami makna ‘ibadah’ itu.

Setiap muslim yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tentu mengetahui hal ini; bahwa mereka hidup adalah untuk beribadah kepada Allah semata. Namun, banyak orang yang terjerumus dalam kekeliruan dalam memaknai ibadah di dalam kehidupan mereka. Sebagian orang menganggap bahwa ibadah hanya terkait dengan urusan masjid dan ibadah ritual belaka. Sebagian lagi memandang bahwa ibadah yang lebih penting adalah menjalin hubungan baik dengan sesama manusia tanpa memperdulikan agama mereka. Sebagian lagi memandang bahwa ibadah yang paling penting saat ini adalah terjun di dalam pertarungan di panggung politik untuk mendapatkan kekuasaan bagi kemenangan kaum muslimin.

Makna Ibadah
Ibadah secara bahasa artinya menghinakan diri. Sedangkan menurut syariat, Ibnu Taimiyyah mengatakan: “Nama dari segala yang dicintai oleh Allah dan diridhai-Nya (yang terdiri) dari segala bentuk perbuatan dan ucapan baik yang nampak ataupun yang tidak nampak.” (Al ‘Ubudiyyah, 38)

Dalam ibadah itu terkandung mengenal, mencintai, dan tunduk kepada Allah. Bahkan dalam ibadah terkandung segala yang Allah cintai dan ridhoi. Titik sentral dan yang paling urgent dalam segala yang ada adalah di hati yaitu berupa keimanan, mengenal dan mencintai Allah, takut dan bertaubat pada-Nya, bertawakkal pada-Nya, serta ridho terhadap hukum-Nya. Di antara bentuk ibadah adalah shalat, dzikir, do’a, dan membaca Al Qur’an. (Majmu’ Al Fatawa, 32/232)

Ibadah itu banyak macamnya dan terbagi menjadi ibadah hati, lisan, dan anggota badan. Rasa khauf (takut kepada Allah subhaanahu wa ta’ala), raja’ (mengaharap rahmat Allah subhaanahu wa ta’ala), mahabbah (cinta kepada Allah subhaanahu wa ta’ala), tawakkal adalah ibadah yang berkaitan dengan hati. Sedangkan membaca Al-Qur’an, tasbih, tahlil, takbir, tahmid adalah ibadah lisan dan hati. Sedangkan shalat, zakat, haji, berbakti pada orang tua, membantu orang kesulitan adalah ibadah badan dan hati.

Jadi ibadah mencakup seluruh tingkah laku seorang mukmin jika diniatkan qurbah (untuk mendekatkan diri kepada Allah subhaanahu wa ta’ala) atau apa saja yang membantu qurbah. Bahkan adat kebiasaan yang mubah pun bernilai ibadah jika diniatkan sebagai bekal untuk taat kepada Allah subhaanahu wa ta’ala. Seperti tidur, makan, minum, jual beli, bekerja mencari nafkah, menikah, dan sebagainya. Jadi ibadah itu tidaklah sempit cakupannya, bahkan ia mencakup seluruh aspek kehidupan muslim, baik di masjid maupun di luar masjid.

Sebagai contoh ibadah di luar masjid adalah bekerja. Banyak hadits yang menganjurkan seorang muslim untuk bekerja dan memuji para pelakunya. Rasululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: ” Sesungguhnya sebaik-baik yang kamu makan adalah dari hasil kerjamu sendiri” (HR: Abu Dawud, At-Tirmidzy, dan An-Nasa-i, dari ‘A-isyah dengan sanad shahih).

Ketika para sahabat menyaksikan seorang laki-laki berjalan dengan gesit, mereka berkomentar, ” Seandainya (saja) ia berjalan di jalan Allah (berjihad).” Kemudian Nabi Shallaallaahu ‘alaihi wa sallam meluruskan pernyataan tersebut dan bersabda, yang artinya: “Jika ia keluar mencarikan nafkah anaknya yang kecil, maka ia di jalan Allah subhaanahu wa ta’ala. Jika ia keluar mencarikan nafkah kedua orang tuanya yang sudah tua, maka ia di jalan allah, dan jika ia keluar mencari nafkah untuk dirinya dengan maksud menjauhkan diri dari yang tidak baik, maka ia di jalan Allah. Dan jika ia keluar dengan maksud riya’ (pamer) dan sombong, maka ia di jalan setan. ” (HR. Ath-Thabrany dari Ka’ab bin Ujrah dengan sanad shahih).

Rasululloh shallaalaahu ‘alaihi wa sallam -yang merupakan teladan yang utama dan pertama dalam beribadah- pada waktu kecil bekerja menggembala kambing dengan upah beberapa dinar. Kemudian beliau juga pernah berdagang. Begitu pula dengan para salafush-sholih (para pendahulu Islam yang sholih) mereka juga mencari nafkah dan membenci pengangguran. Abu Bakar, Utsman dan Thalhah Radhiyallahu ‘anhum adalah pedagang kain. Az-Zubair, dan Amr bin Al-Ash Radhiyallaahu ‘anhuma bekerja menjual pakaian jadi. Imam Ahmad Rahimahullah bekerja sebagai penulis kitab bayaran.

Jadi merupakan pandangan yang salah jika ada orang yang menganggap bekerja itu tidak termasuk ibadah. Namun tentu saja, bekerja yang dihitung sebagai ibadah adalah bekerja yang diniatkan untuk mencari bekal agar bisa mendekatkan diri kepada Allah subhaanahu wa ta’ala dan menjaga kehormatan muslim serta harus dengan cara yang halal. Jika bekerja namun diniatkan untuk menumpuk harta atau berfoya-foya tanpa memikirkan hak anak, istri, orang tua serta ditempuh dengan cara yang haram masih ditambah lagi dengan melalaikan kewajiban agama (sholat dan mncari ilmu agama misalnya), tentu saja bekerja yang seperti ini tidaklah bernilai ibadah, bahkan hanya menambah dosa.

Ibadah yang bermanfaat adalah ibadah yang diterima oleh Allah subhaanahu wa ta’ala. Jika kita telah berlelah-lelah beribadah namun tidak diterima oleh Allah subhaanahu wa ta’ala maka ibadah kita tidak bermanfaat dan arti hidup kita akan tidak bermakna serta tujuan hidup kita tidaklah tercapai.Agar bisa diterima oleh Allah subhaanahu wa ta’ala, ibadah disyaratkan harus benar. Dan ibadah itu tidak benar kecuali dengan syarat: Ikhlas karena Allah subhaanahu wa ta’ala semata, bebas dari syirik besar dan kecil & Sesuai tuntunan Rasullulloh shallaallaahu ‘alaihi wa sallam

Syarat pertama adalah konsekuensi dari syahadat laa ilaaha ilaaLlaah, karena ia mengharuskan ikhlas beribadah hanya untuk Allah dan jauh dari syirik kepadaNya. Syarat kedua adalah konsekuensi dari syahadat Muhammadur-Rasululloh karena ia menuntut wajibnya ta’at keada Nabi, mengikuti tuntunannya dan meninggalkan bid’ah (ibadah atau cara beribadah yang tidak pernah dituntunkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).

Dalil bagi kedua syarat ini ialah firman Allah subhaanahu wa ta’ala, yang artinya: ” Barang siapa yang mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaknya ia mengerjakan amal shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun (terhadap Allah) dalam beribadah kepada Tuhannya.” (QS: Al-Kahfi :110).

Kalimat “..maka hendaknya ia mengerjakan amal shalih..” merupakan manifestasi syarat kedua, yaitu sesuai tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena amal shalih itu adalah amal yang pasti telah dituntunkan Nabi. Sedangkan “..dan janganlah ia mermpersekutukan seorang pun (terhadap Allah) dalam beribadah kepada Tuhannya.” meruplakan manifestasi syarat pertama, yaitu keharusan ikhlash.

Dua syarat ini merupakan keharusan yang mutlak. Jadi adalah salah jika orang beribadah dengan cara yang tidak pernah dituntunkan Nabi kemudian dia berkata untuk membenarkan ibadahnya : ” Yang penting kan niatnya” atau ” Yang penting kan ikhlas”.

Niat ikhlas tidak bisa mengubah cara beribadah yang salah menjadi benar. Apalagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Barang siapa melaksanakan suatu amalan tidak atas perintah kami (yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memerintahkannya dan tidak pernah membolehkannya) maka amal itu ditolak” (HR: Al-Bukhary dan Muslim ). Begitu pula sebaliknya, jika kita telah sesuai dengan tuntunan Nabi namun niatnya tidak ikhlas, maka amalan kita juga ditolak Allah azza wa jalla.Dua syarat ini haruslah dipahami dan berusaha terus untuk dikaji secara mendalam dan dipraktekkan. Maka tentu saja merupakan suatu kebohongan yang besar jika ada seorang muslim banyak ibadahnya tapi tidak pernah belajar bagaimana cara beribadah yang benar dan bagaimana agar amal ibadahnya dapat diterima Allah subhaanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, langkah awal seorang muslim agar tujuan hidupnya tercapai adalah belajar dulu bagaimana cara beribadah yang benar dan dapat diterima. Tidak mungkin seorang yang tidak per
nah mengaji, tidak pernah belajar agama bisa benar ibadahnya. Padahal tujuan dihidupkannya kita ini adalah ibadah yang mencakup seluruh aspek kehidupan, lain tidak.Maka marilah kita hidupkan semangat mencari ilmu agama agar kemudian ibadah kita benar dan dapat diterima oleh Allah, sehingga hidup kita benar-benar bermakna dan tujuan hidup kita tercapai. Marilah kita baca Al-Qur’an, kita pelajari isinya melalui buku-buku agama, kita baca hadits-hadits, kita pahami maknanya melalui majelis-majelis pengajian, agar tak menyesal jika sudah sampai di kuburan nanti.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Cuma Ngoceh

Berubahlah aku menjadi berang
Bagiku itu bukanlah hal sepele

Uneg-uneg, kukeluarkan layaknya beo
Untuk itulah aku nyatakan perang

Matanya yang bulat terus berputar
Mengobarkan api yang membara

Ini aku, yang belum satu oktaf
Ingin sekali rasanya berjaya kembali

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Semoga Ke Depannya Latansa Kalau Balas Comment Bisa Panjangan Dikit

Yup, itu adalah salah satu do’a dari temanku waktu ulang tahun kemarin. Aneh ya, doanya. Beda sama yang lain. Kalau yang lain doanya seperti :

  • Semoga panjamng umur dan barokah.
  • moga sukzez selalu
  • moga tambah yang baek-baek aja wi
  • Moga dikau dapat mencapai segala yg dinginkan.
  • 🙂
  • Wish u all d’best
  • semoga dengan bertambah umur mu menjadikan mu semakìn baik & dewasa..
  • Moga ntar lulus sma. Hehehe. Sukses ya
  • moga tercapai yang diharepin amiin
  • wish u all the best from allah SWT for you…
  • Moga panjang umur, sehat slalu, tambah baek . Amin
  • smoga d brikan yg trbaik dlm hidup ini 🙂
  • Moga sgl keinginan dikabulkan oleh-Nya. Amiiin
  • sem0ga d uLTaH kmu thn ini apa yg kmu mw bisa terwujud. . .
  • jangan lp b’d0a y sm Allah. . .
  • jangan smpe kmu lupa kepada-Nya
  • ya Allah ya FAttah , lndungilah saudari kecilku ini ketika perlndunganku jauh darinya .. Jadikan d setiap peluhnya menjadi dzikir untkmu .. Berkahi setiap langkahnya .
  • smoga selalu dalam lindungan dan ksih sayang Allah
  • Dengan berkurangnya umur izza didunia, sem0ga bertambah amal ibadah izza untuk akhirat.. Amin.
  • semoga d umur kamu sekarang,kamu d beri kemudahan dlm menggapai cita2mu
  • Smsg sukses:
  • Semoga panjan umur,menjadi anak yg soleh,n berbakti pda orng tua…

Ada nggak doa yang dari kamu?

Waktu temanku ngucapin doa itu aku langsung kaget, “Lho? Emang gue pernah bales comment lu?”. Selanjutnya dia jawab, “Bukan gue, tapi dia.”
Kalau saya pikir-pikir sih, saya kalau balas comment orang memang pendek-pendek banget. Banyak banget yang bilangin. Sejujurnya, saya malas kalau ngetik panjang-panjang. Hehe…

Tak usah banyak bicara, t’rus kerja keras!!!

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Bunda Shinta, Saya Sudah Mengerjakan PR Ini!

Dapet PR dari Bunda Shinta nih….sekarang dah dikerjain yaa Bunda

001. Real name ? Latansa I. D. E.
002. Like it? ? Yaa..iyaa laaah…
003. Nickname(s)? Latansa lagii
004. Status ? single (bukan double)
005. Zodiac sign ? LEO….watchout….
006. Male or female ? Female
007. Elementary? Majene, Dumai, Tangerang
008. Middle School ? Jakarta
009. High School ? Jakarta
010. Hair color ? black
011. Long or short ? Long
012. Eye color ? black
013. Weight ? 45 kg
014. Height ? 150 only…
015. Righty or lefty ? Righty
016. Loud or Quiet ? Quiet
017. Sweats or Jeans? Jeans
018. Phone or Camera ? camera.
019. Health freak ? Nope
020. Piercings?? 2 holes normally
021. Do you have a crush on someone? ? weleh-weleh
022. Eat or Drink ? dua-duanya
023. Purse or Backpack ? Backpack
024. Tattoos ? nope
025. Do You Like Yourself? ? absolutely!!!
026. Current worry? ? maybe

THIS OR THAT :
027. Orange or Apple Juice? ? Orange Juice
028. Night or Day? ? Day
029. Sun or Moon? ? Sun
030. TV or Internet? ? Internet
031. PlayStation or XBox? ? ga dua2nya
032. Kiss or Hug? ? Hugssssssssss
033. Iguana or Turtle? ? ga ada yg banget2
034. Spider or Bee? ? Bee
035. Fall or Spring? ? Spring…*saaaaah, kayak dah ngalamin ajah**
036. Limewire or iTunes? ? ga ngerti jd ga milih
037. Soccer or Baseball? ? ga bisa semua

FIRSTS :
038. First surgery ? no
039. First piercing ? yaaaaah, mama jg dah ga inget kali kalo saya tanya yaaa…
040. First best friend ? Kiki..temen SD kelas… hahaha…pa kabar yaaa??
041. First Sport? ? walking
042. First award ? juara di kelas, hahaha
043. First crush ? SMP
044. First pet ? turtle
045. First big vacation ? tur Sumatra dan Jawa

046. First big birthday ? sweet 14th ,,,,, hahahaa

CURRENTLY :
047. Eating ?yes
048. Drinking ? noooo
049. I’m about to ? sholat
050. Listening to ? silent
051. Singing? ? no
052. Typing? ? yaa,…iya laaaaaaaah
053. Waiting for ? always weekend…

YOUR FUTURE :
054. Want kids? ? don’t care for now
055. When? ? after married
056. Want to get married? ? Hehe…
057. When? ? dunno
058. Where Do You Want To Live? ? Al-Jannah
059. Careers in mind ? the best writer
060. What Did You Want To Be When You Were Little? ? the best writer
061. Mellow Future Or Wild? ? Mellow
062. Something You Would Never Try? ? pegang kuciing, hiiiiiiiiiiiiiiiiiii ga deeeh, atttuuuuut

WHICH IS BETTER WITH GIRL/BOY ?
063. Lips or eyes ? eyes
064. Shorter or taller? ? taller
065. Romantic or spontaneous ? spontaneus
066. Nice stomach or nice arms ? nice arms
067. Sensitive or loud ? loud
068. Hook-up or relationship ? nggak dua-duanya
069. Trouble maker or hesitant ? hesitant
070. Hugging or Kissing? ? nggak dua-duanya
071. Tan Skinned or Light? ? light
072. Dark or Light Hair? ? dark
073. Muscular or Normal? ? Normal

HAVE YOU EVER :
074. Lost glasses/contacts ? don’t have
075. Ran away from home ? NOPE
076. Held a gun/knife for self defense? ? nope
077. Killed somebody ? wualaah, ni pertanyaan serem amat seeh…gak aaah, killing with love maybe yes, hahahaha
078. Broken someone’s heart ? wuaaah, rasa2nya sih sering banget
079. Been arrested ? nope
080. Cried when someone died ? not yet
081. Kissed A Stranger? hahhaa..nggak pernah
082. Climbed Up A Tree? ? yes
083. Liked A Friend As More Than A Friend? ?..yuppp….n we still be best friend hihihi

DO YOU BELIEVE IN :
084. Yourself ? sometimes no
085. Miracles ? yup
086. Love at first sight ? yup
087. Heaven ? yup
088. Santa Claus ? nope
089. Kiss on the first date ?…nope

ANSWER TRUTHFULLY :
090. Is there one person you want to be with right now ? Latansa I. D. E.
091. Do You Like Someone? ? can be
092. Are you seriously happy with where you are in life ? off course
093. Do you believe in God ? OFF COURSE

LASTS :
094. Recieved/Sent Text Message ? rusak
095. Received Call ? rusak
096. Call Made? ? rusak
097. Comment On MySpace? ? nope
098. Missed Call? ? rusak
099. Person You Hung out With? ? my family
100. Post as 100 truths and tag…

“Yang baca posting blog ini” …yukkk dilanjutin nih 100 truths about me, post di blog kamu yaaa dan copas ke mari atau

kasih linknya disini

Leave a comment

Filed under Uncategorized