Saya, Aku, Gue, dan Ana

Sudah lama tidak menulis blog. Kini saya hadir kembali di sini, dengan celotehannya yang seringkali tidak jelas. Sebelumnya saya juga mau mengucapkan selamat ulang tahun kepada multiply saya. Semoga ke depannya bisa terurus dengan baik dan isinya menjadi berbobot.

Oke, perkenankan saya untuk memulai celotehannya.

Saya, kata ini konon berasal dari kata sahaya. Kata ini jika diucapkan ke yang lebih tua atau muda dianggap sopan. Namun, kurang sopan bila diucapkan ke teman sebaya. Ada pandangan bahwa yang mengucapkan itu menganggap dirinya lebih tua, lebih berilmu, atau tingkat stratanya lebih tinggi.

Aku, merupakan konotasi kata saya yang sombong bagi sebagian orang. Tidak sopan bila diucapkan ke yang lebih tua atau muda. Kata seorang teman, dulu jika memakai kata aku pada orangtuanya dianggap sebagai anak yang tidak sopan. Tapi sekarang anak-anak suka memakai kata aku bila berbicara dengan orangtuanya. Uniknya lagi, dulu saya suka memakai kata aku-kamu kepada teman-teman. Wow, ternyata setelah pindah sekolah ke Tangerang dan melanjutkan ke Jakarta, ternyata di sini aku-kamu sangat aneh bila diucapkan kepada teman sebaya. Apalagi dengan lawan jenis, bisa dianggap pacaran. Tapi sampai sekarang saya masih menggunakan aku-kamu pada teman sebaya.

Gua, lazim diucapkan kepada teman sebaya. Tapi di banyak daerah gua-lu / gue-lo hanya diucapkan jika sedang bercanda. Kalau biasanya sih, ya tetap aku-kamu.

Ana, sering diucapkan oleh anak rohis, anak pesantren, atau orang-orang yang tinggal di kawasan berbahasa Arab. Saya pernah mencoba memakai ana-anti eh, malah begini, “Cie…cie… yang sekarang jadi anak rohis.Ngomongnya udah syukron-afwan, akhi-ukhti.” Sayangnya Bahasa Arab saya masih masih jelek.

Ya… semua yang di atas itu sih tergantung nilai dan norma yang berlaku di masyarakat (halah, bahasanya… anak IPS sekali!) dan yang paling penting kita memperhatikan kebiasaan di sekitar kita.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s