Saya Bingung, Saya Tak Mengerti (Yang Penting Senyum)

Saya bingung mau tulis apa. Di Media Locker banyak sekali tulisan yang setengah rampung dan entah kapan akan rampung. Biasanya buntu atau hilang mood di tengah jalan. Padahal di otak ini sudah memikirkan sampai akhir tulisannya. Saya jadi ingat Hukum Newton I disebut juga hukum kelembaman (Inersia). Sifat lembam benda adalah sifat mempertahankan keadaannya, yaitu keadaan tetap diam atau keadaan tetap bergerak beraturan.

Ternyata benar, saya harus berhenti dari keadaan hilang mood ini. Muka saya selalu masam. Tahu dari mana? Teman-teman yang bilang begitu. Kata mereka muka saya kalau diam itu seram banget. Ya, karena biasanya saya jarang ngomong dan sedikit tingkah, jadi muka saya tambah seram. Salah seorang pernah berkata, (sepertinya tidak pantas kalau disebut pernah, tapi sering, dan bukan hanya satu orang yang bilang begitu) “Senyum dong!”. Ya sudah, saya langsung senyum. Eh, malah ditambahkan, “Senyumnya jangan terpaksa gitu…” Rasanya senyum ini tulus banget deh. Tidak ada rasa keterpaksaan.

Terus, kalau ada yang minta foto bareng, saya biasanya malas ikut. Kadang-kadang sih iya. Mereka pasti bilang begini, “Latansa ikutan dong! Kan jarang-jarang kita foto bareng.” Ya sudah, ikut saja. “Mukanya jangan ditutup begitu. Nanti cantiknya hilang.” Ya sudah, nurut lagi. “Senyum dong!” Iya-in aja deh.

Dulu juga gitu, kalau teman-teman ngobrol bareng trus mereka ketawa keras banget. Tapi saya tetap diam. Kalau duduk juga agak terpisah sama yang lain. Jadi dibatasi, tempat aku duduk itu sisi murung, tempat mereka itu sisi senang.

Ya sudahlah, hukum inersianya kuat banget. Tapi tidak selamanya saya dalam keadaan diam kan?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

