Satu Hari di Hari Raya

Ada yang kurang di lebaran kali ini. Apa ya? Nanti aja deh ngebahasnya. Lebaran tahun ininggak mudik. Ada yang tahu kenapa? Oh, nggak tahu ya? Ya udah, saya jawab sendiri aja. Ada bayi mungil di yang baru hadir di keluarga kami. Benar-benar mungil, dan sering sekali menangis. Kalau tidak menangis ya tidur. Jadi nggak mungkin kami membawanya pulang kampung. Terus ngapain dong? Tau nih, GJ…

Diawali dengan bangun tidur, alhamdulillah belum shubuh. Sholat, setelah itu mandi. Tumben mandinya rajin, nggak disuruh dulu. Eh, adzan deh, yeh cepet banget banget sih malamnya? Ya udah, sholat shubuh. Habis itu enaknya ngapain ya? Akhirnya diri ini memutuskan untuk online. Yampun, dasar! Kemudian, saya makan. Ada ketupat sama rendang tuh. Wah, udah sebulan nggak makan nih. Makannya banyak banget. Nyuci piring deh. Yu Tari-nya minta cuti, jadi biasanya saya yang dapat tugas ini.

Sholat Ied dilakukan di Masjid Nurul Iman. Dekat sih, jadi kesandung juga sampai. Pulangnya, saya nungguin siapa aja yang akan bertamu. Yes, dapat tamu juga. Siapa mereka? Yu Tari sama suaminya. Ya gpp deh. Saat mama menawarkan kue, baru sadar, “Lho, podho yo kuene?”. Ya iyalah, belinya aja sama mereka. Selesai mengobrol, mereka pamit.

Biasanya, kalau lebaran itu suka ada anak-anak kecil yang datang ke rumah untuk mencoba kue-kue. Saat pamit, sang pemilik rumah memberi uang kepada anak-anak tersebut. Saya tunggu, tapi tetap saja tidak ada. Ya sudah deh, saya saja yang jadi anak kecilnya. Saya makan sendiri kue-kuenya. Nggak sendiri sih, kakak dan adik juga ambil kuenya.

Selanjutnya kami pergi jalan-jalan. Lama sudah perjalanan, sampailah kami di Danau Lido. Ingat ya, namanya Lido bukan Lide. Di sana ngapain ya? Ya udah tidur-tiduran aja biar enak.

Pulang ke rumah, sudah malam. Sebenarnya saya online dulu sebelum tidur.

Hari Rayanya begitu saja. Atau saya yang menceritakannya dengan tidak baik? Ya sudahlah.

*Blog ini diketik dengan merenung sambil mendengar lagu Buka Mata Hati Telinga yang diulang-ulang.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

