Makanya, Jangan Lupa!

Sebelumnya diperingatkan terlebih dahulu, saya sedang menulis tentang diri sendiri. Jadi kalau tidak mendapat manfaat sepulangnya dari sini… silakan ditanggung risikonya.

Suatu hari di sebuah kelas sosiologi, Pak Guru mulai berkata, “Anak-anak, sekarang kita masuk Bab Empat, tapi sebelumnya jawab pertanyaan di buku latihan dulu”. Dengan muka cemberut murid-murid mulai menulis diktean sang guru.

“Soal pertama, apa arti dari nama kamu?”, wah, gurunya mulai nganeh. Yasud, ditulis saja. “Nomor dua, apa harapan orangtuamu memberi nama itu?” karena soalnya hanya dua, mulai mengerjakaaan.

Karena instingku berkata kalau tidak akan dikumpulkan, jadi saya mengerjakan dengan asal-asalan. Tapi karena nama saya unik, yaitu nggak terlalu pasaran, Pak Guru memanggil nama saya. Huft (bukan kemarahan ya).

Lalu maju ke depan. Ehem, ehem. Nama saya Latansa I*** D*** E***. Latansa itu artinya jangan lupa. Apa? Maklum, orang-orang ribut sih, jadi nggak dengar suara saya (teriak dong!). Latansa itu artinya jangan lupa. Jangan lupa? Yah, orang-orang bingung. I*** artinya kemuliaan. D*** artinya agama. E*** itu nama marga (masa’?). Harapan orang tua saya, supaya saya menjadi anak sholehah yang selalu ingat akan agamanya.

“Ya, nama kamu itu dari bahasa apa?”
“Arab, Pak.”
“Kenapa pakai Bahasa Arab?”
“Karena saya orang islam”
“Kamu orang mana?”
“Jawa”
“Tapi nggak ada tanda Jawanya?”
“Iya Pak”

Pak guru pun menulis nama saya di depan. Dengan tulisan Arab tentunya. Wew, sama dengan di buku saya! Oce oce, beliau pun berkata, “Jadi La itu artinya jangan…”. Tansa, Tansa! Apa? Berarti kalau gue manggil lu Tansa itu artinya lupa dong? Iya, makanya lu manggil gue Latansa aja.

***
Sejak kejadian itu, teman yang bertanya arti Tansa kadang memanggil saya Jangan Lupa. Dia juga pernah bilang, “Gue tahu kenapa Latansa dikasih nama Jangan Lupa. Soalnya dia itu suka lupa, makanya orangtuanya ngasih nama Jangan Lupa kalau namanya I*** D*** E***”
He-eh iya, jangan lupa IDE…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

