Coklat Granul Bentuk Daun Ganja

Ada seorang teman saya di facebook memakai gambar ini sebagai foto profilnya. Iseng saya tanya, “kok pic nya coklat granul bentuk daun ganja sih?”. Dia jawab, “knp ya banyak yg protes? ga sopan ya?” “kayak anak berandalan,” kata saya. nggak juga ah. itu kan seni. susah lho bikin. chocolate kayak gitu. nggak bermaksud “jadi anak berandalan””.

Ternyata ada lagi yang komentar,
Temannya (X) : koq primary’e mariyuana c??
Dia (Y) : itu coklat
X : iya coklat, tp picture’e mariyuana kan?
Y : iya… knp emang’e? ga sopan ya…? kok banyak yg protes…? udah deh ga pake profille pic
X : klo km stay di est-timor, emang tdk jd mslh disana… tp krn budaya timur selalu memandang sesuatu hal dari sebelah sisi aj, mk’e akan menuai kontrovesi… km pasti ngerti koq ap yg X tulis ini… heehehe ^^”.
Orang lain (Z) : maaf nie nimbrung :p bukan gt X , aku bukannya membela Y tapi tuh kalo kita liat dari sisi seni tuk buat sebuah hot coklat tuh kan bagus … coba tuh cari aja , susah kan🙂 jadi ngak ada masalah , yang masalahin tuh diri kita sendiri aja yang tidak bisa menerima tuh dalam bentuk seni🙂
Y : sip, udah diganti…ada anak kelas 1 SMA bilang “kayak anak berandalan” langsung aja Y ganti ceplas ceplos dianya tapi ya bener juga…kebanyakan indonesian memandang taboo🙂

Beberapa hal penting:

  1. Seorang dikatakan menyimpang karena orang lain/masyarakat mengatakan begitu. Y dikatakan menyimpang karena saya dan X mengatakan begitu.
  2. Perilaku yang dianggap sebagai perilaku menyimpang oleh sebuah masyarakat belum tentu dianggap sebagai perilaku menyimpang oleh masyarakat lain. Karena Y tinggal di luar Indonesia, di sana hal ini dianggap biasa-biasa saja.

Intinya, semuanya tergantung dari siapa yang melihat.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s