Tidur dan Bangun

Entahlah, makin lama saya menjadi tidak nyaman di sini. Semua itu disebabkan karena jetlag yang menyiksa. Tahu sendiri kan jetlag itu gimana? Di sini kamiboleh bangun jam berapa saja yang kami mau. Bagi sebagian orang mungkin akan senang, karena tidak ada yang mengganggu tidurnya. Tapi saya kangen dibangunkan. Kangen dibangunkan alarm jam biologis.

Alarm itu tersetel otomatis dalam fikiran saya. Otak besar, tetap bekerja saat tidur. Itu sebabnya kita punya mimpi. Ketika detik-detik menuju alarm berbunyi, otak saya mematikan tayangan mimpi. Alarm itu bekerja, dan keras bunyi alarmnya pada hari sekolah. Meski Sabtu kadang alarm itu bekerja, mengingatkan ada janji dengan orang lain. Di sini alarm itu mundur waktunya. Mundur berjam-jam. Rasa tidak enak saat bangun. Ya Alloh Ya Hayyun, kenapa tidak kaubangunkan aku? Lihat, sekarang jam berapa? Doa bangun tidur berubah menjadi sebuah keluhan.

Saya pun merasa janggal. Sebelum tidur saya setel alarm nyata. Dan pada saat alarm itu berbunyi, saya sendiri yang mematikannya. Saya rindu ada orang yang mengetuk pintu, menggoyangkan badan saya, lalu menyuruh saya mematikan alarm itu.

Di sini tidur awal dianggap aneh. Pada keesokan harinya ditanya, ‘Kenapa kamu tidur cepat?’. Sungguh pertanyaan aneh. Saya memang sesekali begadang. Tapi tidak setiap hari. Rasulullah bahakan menganjurkan tidur setelah shalat Isya. Di buku SD dulu juga, kalau nggak salah the wise man = go to bed early, wake up early.

Hari ini hari terakhir tahun ini. Orang-orang menghabiskan malam tahun baru dengan begadang. Namun saya sarankan sebaiknya tidur saja. Supaya bisa bangun awal. Kalau mau lihat pesta atau kembang api sebaiknya tidur dulu. Semoga tahun depan lebih baik dari tahun ini.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

