Petugas Sensusnya Aneh

Buat kamu yang statusnya pengangguran (maksudnya yang suka di rumah), ada baiknya menyiapkan segala sesuatu sebelum petugas sensus datang agar sensus berjalan lancar, aman, damai, dan tenteram.

1. Siapkan KK (Kartu Keluarga)
Petugas : Namanya Mbak?
Latansa : Latansa…
Petugas : Latan… pakai S ya? Sa…
Latansa : I-Zed-Zed…
Petugas : Wah, namanya susah banget
Latansa : A-Te-A…
Petugas : A-Te-Ha…
Latansa : Izzata!
Petugas : Oh, gini ya Mbak? (Izzatha)
Latansa : Nggak pake H
Petugas : Oh… Ada kakanya nggak, Mbak?
Latansa : Kakaknya lagi sekolah
Petugas : Haha… Maksud saya Kartu Keluarga
Latansa : Saya nggak tahu tuh KK-nya ditaruh di mana
Petugas : Ya udah deh, ga papa. Kan kalau ada KK tinggal salin aja

Nah, daripada kita repot-repot mengeja nama anggota keluarga satu per satu, lebih baik siapkan KK supaya petugasnya tinggal menyalin dari KK.

2. Hafal Baik-Baik Tanggal Lahir Setiap Anggota Keluarga
Kalau kita sudah menyiapkan Kartu Keluarga, tidak hafal tanggal lahir pun tak masalah. Kalau ada anggota keluarga yang belum berulangtahun yang pertama, maka kolom umur ditulis 00.

3. Ingat-Ingat di Mana Anggota Keluarga Berada 5 Tahun Lalu
Petugas : Bapak waktu Mei 2005 ada di mana? Dinaskah atau apa?
Latansa : Di Dumai
Petugas : Provinsi Riau… Kota Dumai…
***
Petugas : Ibu waktu Mei 2005 ada di mana?
Latansa : Dumai
Petugas : Oh sama Bapak ya? Du… Bai…
Latansa : Dumai…
Petugas : Oh iya, Dumai. Saya salah tulis. Kalau Dubai itu ada di mana ya?
Latansa : Timur Tengah
***
Petugas : Adik bayi waktu Mei 2005 ada di mana?
Latansa : Belum lahir
Petugas : Oh iya ya

4. Ketahui Profesi Masing-Masing
Petugas : Bapak kerjanya apa?
Latansa : Pegawai Negeri Sipil
Petugas : Di Dep. Keu. ya?
Latansa : Bukan, di LKPP…
***
Petugas : Bapak jabatannya apa ya?
Latansa : Wah, saya nggak tahu
Petugas : Kalau gitu, nanti balik lagi ke sini

Daripada didatangi petugas aneh itu berkali-kali, lebih baik cari tahu dulu profesi masing-masing anggota keluarga dengan lengkap.

5. Siapkan Alat Tulis
Petugas : Azka Gif Safina…
Latansa : Syafina pakai Y. Syafina…
Petugas : Aduh, saya salah lagi. Penghapusnya dibawa teman saya keluar. (Meraba-raba kantong rompi). Ada penghapus nggak, Mbak?

Ada beberapa petugas sensus yang alat tulisnya tidak lengkap. Mungkin mereka mengira ini bukan ujian, jadi bisa pinjam-pinjaman. Nah, untuk menghadapi petugas seperti itu, siapkan pensil yang sudah diraut dan penghapus.

6. Ketahui Identitas Rumah
Di akhir, petugas akan menanyakan luas rumah, luas rumah yang pakai keramik, status rumah (rumah sendiri, mengontrak, atau rumah dinas), dan fasilitas-fasilitas rumah.

Segitu aja deh, semoga yang belum didatangi petugas sensus mendapat petugas yang tidak aneh. Amin.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s