Mandarin Versus Arab

SCI di Bulan Juni 2010

Voila! Sudah satu semester! Saatnya untuk isi KRS untuk semester tiga. Tetap saja,mata pelajarannya masih banyak. Ini isi KRS saya:

1. Pendidikan Agama 3 (2 SKS)
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 (2 SKS)
3. Penjasorkes 2 (2 SKS)
4. Seni Rupa 1 (2 SKS)
5. Bahasa Arab 1 (2 SKS)
6. Bahasa Indonesia 3 (4 SKS)
7. Bahasa Inggris 3 (4 SKS)
8. Matematika 3 (4 SKS)
9. Fisika 3 (4 SKS)
10. Kimia 4 (4 SKS)
11. Biologi 3 (4 SKS)
Jumlah SKS: 34 SKS

Teman saya ada yang tanya, “Eh lu Bahasa Asingnya apa?”
Saya jawab, “Arab. Anak-anak lain pada milih apa?”
“Mandarin,” jawabnya.

Kalau diperkirakan, sepertinya yang mengambil Bahasa Arab tidak sampai dua puluh orang. Iya sih, mayoritas pelajaran Bahasa Asing di SD dan SMP mereka itu Bahasa Mandarin, jadinya mereka yang memilih Bahasa Mandarin lebih banyak. Kalau Bahasa Arab, biasanya hanya dipelajari di sekolah Islam dan beberapa Sekolah Negeri. Lagipula, pelajaran Bahasa Arab baru ada sekarang, dulu yang ada hanya Bahasa Mandarin.

Kata teman saya di kelas lain, “Kalau ambil Bahasa Arab temannya cuma sedikit, nggak bisa belajar bareng.”
“Kan ada aku,” kata saya sambil nyengir.
“Yah, kalau yang ikutan dikit takutnya nggak jadi.”
“Nggak mungkinlah, masak udah ada yang ikut pelajaran Bahasa Arab, trus gurunya datang lihat muridnya cuma sedikit, dia bilang ‘Yah, kok cuma sedikit, sih? Nggak jadi aja deh!’ Nggak mungkin, kan? Aku aja waktu pelajaran Agama Islam yang ikut cuma sepuluh, tapi tetep belajar tuh.”
“Ya udah deh, semester depannya lagi ambil Bahasa Arab.”
“Takutnya nanti yang ada Bahasa Arab 2, kan syaratnya harus udah pernah ambil yang 1.”
“Nggak pa-pa. Nanti bilang aja,’ Kan Bahasa Arab 1-nya udah diajarin Latansa.’ Hehehe…”
“Dasar!”

Ngomong-ngomong ketika saya lihat paket lain beban belajarnya lebih sedikit, saya jadi iri.
Contohnya Paket A3
1. Penjasorkes 2 (2 SKS)
2. Seni Rupa/Tari 1 (2 SKS)
3. Bahasa Indonesia 3 (4 SKS)
4. Matematika 3 (4 SKS)
5. Fisika 2 (4 SKS)
6. Biologi 2 (4 SKS)

Jumlah SKS: 20 SKS


Atau Paket S2
1. Pendidikan Kewarganegaraan 2 (2 SKS)
2. Seni Rupa/Tari 1 (2 SKS)
3. Matematika 3 (4 SKS)
4. Ekonomi 3 (4 SKS)
5. Sosiologi 2 (4 SKS)
6. Sejarah 1 (4 SKS)
Jumlah SKS: 20 SKS

Kalau katanya orang bijak, jadilah kamu kerang mutiara, ia tetap bertahan terhadap benda asing, kalau tidak kamu hanya akan menjadi kerang biasa yang dijual murah di pasar. Hubungannya apa? Hubungkanlah sendiri. 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s