Matriks 2010 Hari 2 Bag. Pertama

29 Juni 2010

03.30-04.30 Qiyamul Lail (shalat malam)
Dari Jabir r.a., ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)

04.30-05.00 shalat + almatsurat + kultum
Isi kultum:
[31:12] Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”.
[31:13] Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”.
[31:14] Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
[31:15] Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
[31:16] (Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.
[31:17] Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).
[31:18] Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.
[31:19] Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

05.00-06.30 Mentoring 2
(Materinya : interaksi ikhwan-akhwat dan adab syuro)

06.30-07.30 Riyadhah(Senam gabungan, instrukturnya Kak Topan)

07.30-08.00 MakanMakan dan minumlah rezki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.

08.00-11.00 Rangkaian permainan
Kelompok kami mengambil paket 3, yaitu berisi 4 permainan, jika berhasil mendapat skor 500 per permainan, sebaliknya jika kalah mendapat skor minus 250, dan waktu untuk menyelesaikan semuanya 80 menit serta bonus skor 30 per menit sisa waktu. Wah mentang-mentang sisitem SKS, permainan aja pakai paket segala…

Yang pertama diambil itu permainan menginjak terpal yang makin lama terpalnya makin sempit. Nggak jelas nih permainnnya.Kedua, memasukkan air dari ember yang dililiti rapia. Ternyata gampang banget, seret embernya ke pinggir lalu masukkan airnya.Ketiga, berjalan mencari bola dengan mata tertutup. Karena dilarang berbicara, kami memakai isyarat. Setelah bersusah payah akhirnya berhasil juga.Keempat, nggak tahu deh nama permainannya apa. Caranya kita harus bias bertukar tempat dengan tiga orang lawan kita. Caranya harus berjalan melongkap lawan. Dilarang melongkap teman.Tapi bagian yang saya suka saat persaksian komitmen di taman.

11.00-11.30 Mandi
11.30-12.00 Makan
12.00-12-30 Shalat
12.30-14.20 Talk Show(Pembekalan untuk jadi Pengurus Rohis dengan narasumber dari berbagai kalangan)

14.20-15.20 Studi kasusYang paling menyebalkan, ada kelompok yang menjawab pertanyaan, “Jika dana kurang 10 juta padahal waktu tinggal dua minggu lagi?” Juru bicara kelompok itu menjawab, “Pertama kami akan menitip kue di kantin kejujuran, keuntungannya sekitar 2 juta. Lalu kami juga menitipkan di kantin biasa, keuntungannya sekitar 3 juta. Kemudian kami juga akan berjualan di luar, keuntungannya sekitar 1 juta. Terakhir kami akan mencari sponsor lagi, pendapatannya sekitar 4-5 juta.” Setelah itu moderator berkomentar, “Kebetulan yang ngomong tadi pernah ikut jualan, waktu itu hasilnya sangat tidak memuaskan.”

Bersambung…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s