Dia Bilang SCI Gila

Salah seorang kawan pernah bercerita, “Tadi waktu di tempat les, aku dengar suara dari kelas sebelahku. Di kelas sebelah, ada sekelompok anak-anak yang aku nggak ngerti mereka ngomong apa. Salah satu berkata, ‘Ngowengngoweeengngoooweeeng.’ Sedang yang satunya, ‘Brrrmmmm… brrrmmm brmmm…’ Mereka itu lagi ngapain, ya?”

Pengajar lesnya kemudian menjawab, “Oh, itu yang di sebelah anak 78. Mereka emang biasa kayak gitu.”

“Huff… Untung dulu gue gak masuk 78,” ujar kawan saya.

“Apalagi anak SCI-nya, udah gila semua!” lanjut sang pengajar les.

“SCI itu apaan sih?” tanya salah seorang siswa.

“Semacam kelas akselerasinya 78, gitu.”
***

Waw, anak SCI dibilang gila. Untung saya bukan anak SCI, tapi anak bapak saya (?). Benarkah anak SCI gila? Mari kita perhatikan baik-baik ciri-ciri orang yang gila.

1.Merasa depresi, sedih atau stress tingkat tinggi secara terus-menerus. Depresi, sedih, atau stress tingkat tinggi biasanya dialami beberapa menit setelah ulangan berlangsung. Karena ulangan berlangsung setiap hari, depresi sedih, atau stress dialami setiap hari.

2. Sering berpikir/melamun yang tidak biasa (delusi). Kalau yang ini sepertinya jarang. Jika sempat berkhayal, khayalannya adalah: seandainya sehari itu lebih dari 24 jam pasti gue punya waktu lebih buat berkhayal.

3. Kesulitan untuk melakukan pekerjaan atau tugas sehari-hari walaupun pekerjaan tersebut telah dijalani selama bertahun-tahun. Yup, benar sekali. Selama bertahun-tahun anak SCI ikut ulangan tapi makin lama rasanya semakin sulit.

4. Paranoid (cemas / takut) pada hal-hal biasa yang bagi orang normal tidak perlu ditakuti atau dicemaskan. Mungkin iya, mereka cemas terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi. Contohnya: gagal UN, SNMPTN, SIMAK, dll.

5. Suka menggunakan obat hanya demi kesenangan. Bagi yang bekerja di apotek orangtuanya, biasanya mereka menggunakan (meracik) obat hanya demi kesenangan (uang jajan).

6. Memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri. Mereka memiliki pemikiran untuk segera mengakhiri sekolah dengan cara masuk kelas percepatan.

7.Terjadi perubahan diri yang cukup berarti. Ya iyalah……….

8. Memiliki emosi atau perasaan yang mudah berubah-ubah. Kelihatan dari yang menulis ini.

9. Terjadi perubahan pola makan yang tidak seperti biasanya. Kalau sempat ya makan, kalau nggak ya nggak.

10. Pola tidur terjadi perubahan tidak seperti biasa. Kalau besok ulangan berarti malamnya begadang.

Untuk itu, saya sarankan untuk tidak masuk kelas SCI/akselerasi atau apalah namanya supaya tidak gila. Tapi kalau kamu tetap masuk kelas tersebut dengan pertimbangan yang lebih rasional, ya monggo…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s