Kisah Timphan dan Kekara

Ada pesan masuk ke ponsel saya.

<1/2> Aslm.
Touring Silaturahim Lebaran..
Selasa,14/9
Kmpul @sman 78 jm 8.00. Atw lgsg krumah bu choz.
Rute menyusul.
Krm k 1 orang sms ni.dn jrkm angktnmu..
Mar
***
Sebenarnya saya bingung. Siapa pengirimnya, ini acara apa, Bu Choz itu siapa, kok pesannya cuma setengah. Tapi beginilah saya, meski nggak tahu mau aja disuruh-suruh. Akhirnya saya kirim ke semua pengurus Rohis 78 beserta para alumni dari tahun jebot sampai 2010.

Eh, ada yang balas.
Rm diajak gak?
Yang lain juga tanya-tanya. Saya sih nggak tahu jawabannya apa. Saya jawab asal ke semuanya: kayaknya boleh.

Saya malah ditegur.Jangan kayaknya. Cb kamu tanyain yg sms kamu, blh apa gak.
Atau
Loh emang ini ide siapa?
***

Walau saya menyuruh orang lain untuk ikut, saya sendiri tidak hadir karena suatu urusan (kesannya orang sibuk padahal sok sibuk).

Aslm.
Touring Silaturahim Lebaran KLOTER 2.
Rabu,15/9 Kmpul @sman 78
Jm 8.00.
Ini utk yg gk bs hr selasa atw mw ikt kduanya.
Tujuan, rmh Pak O,Bu Heni,Pak Banta,dll..(dlm konfirmasi)
Krm k 1 org sms ni dn jrkm angktnmu
Mari sambung tali silaturahim

Knfrmsi khdrn k n0.ini
Jzk

Cihuy! Ada yang kloter 2! Ya… sebenarnya sih saya mau ikut kloter 2, tapi berhubung beberapa jam sebelum waktu perjanjian teman saya mengajak kerja kelompok, saya jadi ragu-ragu. Akhirnya saya memutuskan ikut touring silaturahmi gara-gara terlanjur janji akan hadir.

Jam 7.45 WIJ (Waktu Indonesia bagian Jupan). Lho kok sepi ya. Ya iyalah kan libur. Setelah itu saya menunggu sambil menghatamkan buku yang satu bulan lebih tidak juga selesai.

Jam 7.55 WIJ. Lho kok nggak ada tanda-tanda akan kehadiran manusia? Jangan-jangan saya ditinggal. Ah nggak mungkin ah, di jam sekolah aja belum jam 8 (saya rasa jam sekolah itu lebih cepat beberapa menit daripada WIB).

Jam 8.30 WIJ. Astaghfirullahal ‘azhim…

Jam 9.00 WIJ. Akhirnya datang juga. Ngaretnya nggak nanggung-nanggung. Satu jam! Padahal saya kalau di luar komunitas ini, jika telat lima menit saja sudah dimarahi. Demi masa. Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian.

Ringkasnya, saya baru berangkat jam 9.40 WIJ. Setelah tersasar ke sana ke mari sampailah saya di rumah guru saya yang bernama Pak Banta. Kenal nggak? Nggak? Saya saja juga baru kenal.

Pernah cerita kan, dulu saya ambil Bahasa Arab tapi karena bisa dikatakan tidak ada pengikutnya selain saya akhirnya saya terdampar di Kelas Bahasa Mandarin. Tapi karena terinspirasi dari sebuah buku, akhirnya saya membuat kelas Bahasa Arab sendiri yang pada akhirnya memiliki pengikut delapan orang.

Nah, Pak Banta ini gurunya. Sebenarnya banyak kejadian unik kalau diajar beliau, tapi ceritanya kapan-kapan ya. Barangkali beliau berjodoh dengan angka delapan, muridnya delapan dan yang datang sliturahim juga delapan. Delapan oh delapan…

Waktu lihat foto keluarga saat pernikahan salah satu saudaranya, saya bergumam, “Kok kayak Baju Aceh ya…” Ya iyalah, kan orang Aceh, dari namanya aja udah kelihatan.

Kami disuguhi cemilan-cemilan Aceh (tuh, kan) karena beliau beralasan ‘biar lucu’. Saya tidak faham maksudnya apa. Kami diberi timphan yang pengucapan ph-nya seperti p pada pinyin, yaitu merupakan konsonan aspirasi (mengeluarkan nafas saat diucapkan, dalam Hijaiyah dikenal istilah ‘hams’). Mengapa saya susah-susah menjelaskan itu? Karena kalau salah sebut nanti ditegur pembuatnya. Selain itu ada yang bentuknya seperti jaring laba-laba. Lagi-lagi saya bergumam, “Kok kayak kara, ya…” Ummu Pak Banta yang ternyata mendengar bertanya pada saya, “Apa tadi kamu bilang?” “Ka…ra…?” “Memang, namanya kekara.” Huff… kirain mau ditegur.

Berhubung guru lain ada diklat dan sedang tidak di rumah, kami hanya mengunjungi satu guru. Nantikan kisah lainnya seraya berdoa semoga saya diberikan waktu untuk menulis dan kamu diberikan waktu untuk membacanya. Mohon maaf bila ada salah. Terima kasih.

Latansa, Kak Dayoh, Kak Lili, Mumtaz, Pak Banta, Syamil, Hamas, Veri, Luthfan, Kak Yoga

Kamu tahu dua
jari telunjuk ke atas itu gaya apa?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s