Dongeng Anak Terkadang Berbahaya

“Pada suatu ketika …”

Beberapa waktu yang lalu saya main ke kamar adik (12), di sana saya menemukan dua buku cerita yang sangat kontras. Dua buku itu adalah Cerita Al Quran dan Kumpulan Dongeng Dunia Paling Inspiratif untuk Anak. Popularitas ceritanya berbeda sekali.

Coba tanyakan kepada adik-adik atau anak-anak kita tentang kisah yang ia tahu. Bagaimanakah kisah Alexander Agung, Haman, Harut, Namrudz, Balqis, Asiyah, Zulaikha atau 25 nabi? Sekarang, coba kita ganti pertanyaannya. Bagaimanakah kisah Putri Tidur, Jack, Pangeran Kodok, Aladin, Cinderella, Rapunzel, atau Putri Salju? Silakan cari tahu jawabannya.

Hal yang perlu kita cermati, ternyata dongeng anak terkadang berbahaya. Dalam suatu diskusi bersama dua orang saudari, dongeng yang dikisahkan pada anak secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku mereka. Jadi, jangan kaget kalau perilaku buruk anak-anak dan remaja berasal dari dongeng yang ia dapat.

Mengapa bisa berbahaya? Mari kita telisik ceritanya.

Putri Tidur (Grimm Brothers)
Singkat cerita, sang Putri tertidur karena jarinya tertusuk jarum. Kutukannya hilang setelah ada pangeran yang menciumnya. Bayangkan, seorang remaja putra mencium seorang remaja putri (dikisahkan saat itu usia sang Putri 15 tahun) yang sedang tidur. Jangan heran kalau remaja banyak yang berciuman sebelum nikah.

Jack (Flora Annie Steel)
Jack hidup bersama dengan ibunya. Mereka sangatlah miskin dan ibunya yang sudah tua itu menghidupi mereka dengan bekerja sebagai penenun, tetapi Jack sendiri adalah anak yang sangat malas. Ibunya kesal dan menyuruh ia bekerja. Jack tidak menggunakan pikirannya sehingga ketika ia bekerja pada penjaga ternak, ia malah memanggul keledai yang merupakan upahnya ke rumah. Seorang gadis kaya tertawa melihatnya kemudian menjadi bisa berbicara (gadis itu bisu dan baru bisa bicara setelah tertawa dan tak pernah tertawa seumur hidupnya). Akhirnya Jack menikah dengan gadis kaya dan menjadi orang kaya juga. Jangan heran kalau banyak anak yang malas tetapi berharap yang muluk-muluk.

Ada juga kisah Jack dan Pohon Ajaib. Singkat cerita, Jack menukarkan sapi dengan benih pohon (Sapi ditukar kambing ditukar ayam ditukar telur ditukar benih pohon). Waktu itu sistem barter berlaku. Ibu Jack kesal dan membuang benih itu. Ternyata tumbuh pohon yang menjulur ke istana di atas awan. Jangan heran kalau ada anak yang suka membeli barang yang daya gunanya rendah dan tak sebanding dengan harganya.

Pangeran Kodok (Grimm Brothers)
Kodok yang sebenarnya pangeran menolong mengambilkan bola emas putri raja yang terjatuh di sumur setelah putri berjanji akan membiarkan kodok duduk di meja putri, makan dari piring putri, minum dari gelas putri, dan tidur di ranjang putri. Namun pada akhirnya putri tidak menepati janjinya. Ia baru menepati janjinya setelah dimarahi raja. Jangan heran kalau banyak anak yang melanggar janjinya.

Aladin
Aladin punya lampu ajaib yang di dalamnya terdapat jin yang dapat mengabulkan semua permintaannya. Jangan heran kalau banyak anak yang sedikit-sedikit minta ini sedikit-sedikit minta itu, mungkin kita dianggap jin lampu ajaib.

Cinderella (Charles Perrault)
Ini dongeng terkenal, banyak yang sudah tahu ceritanya. Jangan heran kalau ada anak yang secara diam-diam pergi dari rumahnya ke pesta padahal orangtuanya melarang.

Rapunzel
Rapunzel tinggal di menara yang tinggi dan ia tidak bisa ke mana-mana. Ia membiarkan pangeran masuk ke kamarnya dengan cara menurunkan rambutnya yang panjang lalu pangeran menaikinya. Wah, membiarkan seorang laki-laki masuk kamar.

Putri Salju (Hans Christian Andersen)
Ini juga terkenal. Ya, di situ Putri Salju tinggal di rumah kurcaci. Seorang gadis tidur bersama tujuh orang laki-laki. Wew.

Tiba-tiba salah satu saudari menghentikan pembicaraan, “Bentar deh, kok kita kayak orangtua, ya?” Iya ya. Ngapain juga kami ngurusin perkembangan pola pikir dan tingkah laku anak.

.: Jadi, bukankah beralih ke kisah Al Quran adalah pilihan terbaik?

“… akhirnya mereka hidup bahagia selamanya.’

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “Dongeng Anak Terkadang Berbahaya

  1. Pingback: Sir @DedyDahlan ‘s #PassionShow Live Passion Coaching #KomunitasBerbagiPassion | IDE-IDE Latansa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s