50 Hari Menuju UN*

SCI di Februari 2011 …
Sesungguhnya, secara cantik Allah telah membuat saya tak perlu merisaukan apa-apa. Tadinya di awal tahun ini saya merisaukan banyak hal yang jelas-jelas belum tentu terjadi. Saya takut tidak lulus UN, takut tidak diterima PTN, dan masih banyak lagi.
Tahun ini, nilai UN bukan satu-satunya penentu kelulusan. Nilai itu nantinya akan digabung dengan nilai rapor dan Ujian Sekolah. Mari bersorak alhamdulillah karena setelah dihitung saya hanya membutuhkan nilai minimal 4 pada Ujian Nasional untuk lulus. Inilah sasaran saya.

Bahasa Indonesia 10,00
Bahasa Inggris 8,80
Matematika 7,50
Fisika 9,25
Kimia 9,25
Biologi 8,75
Jumlah 53,55
Rerata 8,925
Saya tahu terlalu berharap untuk mendapatkan niliai fisika 9,25. Namun, saya tidak mau merendahkan kekuasaan Allah dengan logika manusia. Tolong juga jangan kaget kalau nilai bahasa Indonesia 10,00. Dahulu waktu SMP, saya meminta nilai bahasa Indonesia saya 8 tetapi saya diberi nilai 9 lebih. Jadi kalau saya meminta 10 mungkin akan diberi nilai 10,20 tapi sayangnya 10 itu sudah maksimal. Banyak yang mengatakan nilai sempurna untuk Bahasa Indonesia itu hampir mustahil. Di Jakarta tidak pernah ada yang dapat 10,00. Oleh karena itu, saya akan menjadi orang pertama yang mendapat nilai sempurna.
Tahun lalu Ujian Mandiri dilakukan pertama oleh UI. Seleksi masuk yang disebut SIMAK UI itu dilaksanakan sekitar bulan Maret. Untuk tahun ini Ujian Mandiri untuk seluruh PTN harus dilaksanakan setelah SNMPTN tulis. Bayangkan, ini sudah akhir Februari. Jika sistem masih sama, saya sudah menangis darah. Saya baru memahami 50% pelajaran SMA.
Lalu, hal istimewanya lagi sekarang ada jalur SNMPTN Undangan. Mirip dengan jalur PMDK. Setelah saya menghitung peluang, ternyata peluangnya cukup besar. Tolong jangan tanya bagaimana saya menghitungnya. Akhirnya, setelah menonton tayangan motivasi yang bertema “BIMBANG, NOT MY STYLE” saya menetapkan pilihan saya.
PTN I: Universitas Indonesia
Pilihan:
1. Pendidikan Dokter
2. Matematika
3. Sastra Inggris
PTN II: Universitas Brawijaya
Pilihan:
1. Pendidikan Dokter
2. Matematika
3. Sastra Inggris
Dalam tayangan tersebut, saya mempelajari sesuatu. Jika ada dua pilihan yang sama baiknya, PUTUSKAN! Jika ada dua pilihan yang belum jelas mana yang lebih baik, PUTUSKAN! Jika ada dua pilihan yang keduanya belum jelas ada baiknya atau tidak, PUTUSKAN! PUTUSKAN, kalau salah itu alami. Itulah keputusan saya: memutuskan.
Oh ya, setelah bertafakur berbulan-bulan lamanya, saya juga memutuskan untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN. Sungguh, ini terlalu telat untuk menyiapkan semuanya. Puluhan ribu orang di luar sana sudah menyiapkan diri bahkan dari pertama masuk SMA. Sedangkan saya? Fiuh. Kabar yang saya dengar, USM STAN itu tahun ini menjadi akhir September. Saya tidak tahu kebenarannya, semoga saja benar.
Tak ada lagi yang perlu dirisaukan. UN? 4 juga cukup. PTN? SNMPTN tulis dan ujian mandiri masih ada serta masih ada waktu untuk belajar. Yang membuat saya begitu terpesona adalah semuanya terjadi pada tahun ini. Tahun depan belum tentu peluang jalur undangan besar karena orang-orang sudah memperbagus strategi. Saya jadi berpikir kalau takdir saya menjadi SCI bukan karena tahun lalu saya menulis program SCI di KRS, tapi jauh sebelum saya lahir semuanya sudah terpampang di Lauh Mahfudz.
Juga, sejak tahun lalu saya merisaukan kalau nantinya saya akan tidak aktif di Rohis karena semester akhir itu sibuk. Pernah saya mendengar ada orang yang mengatakan Rohis itu kurang orang. Saya sepenuhnya tidak setuju. Ada atau tidaknya kita, Rohis itu tetap berjalan. Lihatlah, saya telah meninggalkan Rohis tapi Rohis baik-baik saja. Justru saya yang kenapa-kenapa. Ada sesuatu yang menghilang dari jiwa. Jadi, saya memutuskan untuk kembali.
*Seharusnya ini benar, kalau saya selesai menulis blog ini sejak sejam yang lalu.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

