Harganas

Selamat Hari Keluarga!

Memang sekarang Hari Keluarga? Bukan. Hari Keluarga Nasional itu jatuh pada tanggal 29 Juni. Saya membuat tulisan ini karena nanti mau puasa online lagi selama beberapa jam.

Tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Sebuah hari yang mengandung nilai sejarah, karena menjadi tanda dimulainya hari Kebangkitan. Bangkitnya kesadaran keluarga Indonesia untuk membangun dirinya ke arah keluarga kecil melalui Keluarga Berencana (KB).

Hari itu merupakan puncak kristalisasi semangat para pejuang KB untuk memperkuat dan memperluas program KB. Dalam perjalanannya, program KB berkembang secara pesat dan mengubah program KB menjadi suatu ‘Gerakan Masyarakat’ yang mantap dan menampakkan hasil-hasil yang nyata. Hasil nyata itu berupa semakin meningkatnya jumlah keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Dengan latar belakang itu pula, maka tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional, yang bertepatan dengan tanggal dimulainya Gerakan KB Nasional tahun 1970.

Hari Keluarga Nasional dicanangkan di Lampung pada 29 Juni 1993 oleh Presiden Soeharto. Selanjutnya, Harganas diperingati secara berturut-turut setiap tahun.

Pada akhirnya saya jadi bertanya, sejauh manakah keberhasilan Program KB yang tahun ini berumur 41 tahun itu?

Realita yang saya temui yaitu terkadang jumlah anak tidak memiliki hubungan yang pasti dengan kualitas kehidupan keluarga tersebut. Ada yang anaknya satu atau dua tetapi kualitas kehidupan keluarga tersebut tidak baik. Sedangkan ada yang anak-anaknya lebih dari dua dan kualitas kehidupan keluarga tersebut baik.

Bagi saya, yang namanya keluarga berencana itu baik. Telah banyak contoh yang membuktikan bahwa kehidupan yang terencana membawa banyak manfaat. Namun, tentang jumlah anak itu tergantung rencana masing-masing keluarga. Mau satu, dua, tiga, dan seterusnya itu terserah. Hal terpenting adalah bagaimana membuat rencana yang membawa kemaslahatan bagi pembangunan peradaban yang baik dan upaya kita mewujudkan rencana itu. Betul, tidak?

Keluarga Berencana
Sudah waktunya
Janganlah diragukan lagi
Keluarga Berencana besar maknanya
Untuk hari depan nan jaya
Putra-putri yang sehat
Cerdas dan kuat
Kan menjadi harapan bangsa
Ayah-ibu bahagia rukun raharja
Rumah tangga aman sentosa

*Karena orang-orang anggota keluarga saya bukan orang-orang yang suka kalau fotonya disebar, saya pakai foto ini. Hayo tebak, ini keluarga apa?
**Kata kepala keluarga, “Ckckck … anak-anak kok nakal, ya?”

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s