Kuda Kurangajar

Akhir-akhir ini saya merasa dihadapkan dengan banyak sekali pilihan. Pilihan-pilihan itu seperti berebut meminta saya untuk memilih mereka. Saya sangat ingin memilih semua, tetapi ternyata tak bisa. Bahkan seringkali hanya satu yang boleh dipilih.

Seperti hari itu. Mendungnya yang kelabu membuat diri saya juga kelabu di kampus abu-abu. Beruntung di kampus abu-abu ini saya mempelajari teknik membuat keputusan yang bijaksana. Orang rasional berpikir pada margin.

Sore itu saya memutuskan untuk pergi dengan teman saya ke sebuah desa. Pilihan yang sesungguhnya sulit manakala bayangan kamar kos menari-nari di atas kepala saya. Saya berbisik, ‘Kasurku, mungkin belum saatnya kita bertemu.’

Teman saya itu, ya begitu. Di tengah pusaran orang-orang yang gila belajar ia rela merelakan waktunya untuk hal-hal lain.

Dagang
Ia suka sekali berdagang cemilan yang bermerek Moring Sesuatu. Moring artinya ciMOl keRING, sebuah camilan yang terbuat dari aci (tepung sagu) yang dipanggang hingga kering seperti keripik lalu dibumbui. Ia berdagang itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena uang beasiswa sering terlambat turun.

Rapat
Ia suka sekali berorganisasi. Selain itu dia juga anggota BEM FEUI. Hampir tiap kali saya melihatnya pakai jaket, jaketnya adalah jaket abu-abu BEM yang di belakangnya bertuliskan ‘Center of Exellence’.

Mengajar
Di Depok, tepatnya Masjid Terminal Depok, ia mengajar untuk bimbingan masuk PTN tanpa dibayar. Semua pengajar adalah sukarelawan.

Cita-citanya adalah membangun masyarakat madani, masyarakat yang melek hukum, berpendidikan, dan mandiri secara finansial. Di tengah banyaknya persimpangan yang mampu membuatnya melenceng, dia tetap komit dengan cita-citanya.

Dia itu kuda kurangajar (KUliah-DAgang-KUliah-RApat-NGAJAR).

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

