SCI dan AKUI

SCI, suatu hal yang istimewa seperti namanya. Sering disebut-sebut dalam blog saya sejak 2009. Bahkan, di tahun 2010 blog-blog saya kebanyakan bertema itu. Namun, di akhir tahun 2011 hal itu jarang terdengar, sekarat seiring dengan intensitas blog saya.
Cukup banyak pembaca blog saya yang sering membaca tema SCI. Apalagi saat tema ini baru diangkat. Bagi yang belum tahu SCI, SCI adalah singkatan dari Siswa Cerdas Istimewa, yaitu sebuah program SMA Negeri 78 Jakarta Barat yang menawarkan lama sekolah hanya 4 semester atau 2 tahun. Di sekolah lain program semacam ini juga dikenal sebagai kelas akselerasi atau percepatan.
Ini merupakan kisah yang menarik, di mana sisi lain kehidupan siswa-siswi di kelas SCI tidak terlihat dari luar. Contohnya adalah motivasi memilih SCI. Jika kalian mengira anak-anak SCI ini adalah orang-orang yang sangat study-oriented, coba pikir-pikir lagi. Sekitar 76,92% dari mereka menjawab memilih SCI karena bosan/ malas/ tidak suka sekolah. Tidak heran ada humor “SCI adalah kepanjangan dari Sekolah Cuma Iseng.”
Di masa kuliah saya, tulisan saya berkisar tentang kekecewaan saya terhadap kampus saya. Hal ini dikarenakan saya hanya membaca sebagian soal saja saat seleksi masuk (mood saya buruk kala itu) tetapi saya diterima di jurusan dan kampus yang cukup bonafid di Indonesia. Isi selanjutnya tentang Orientasi Pengenalan Kampus yang diceritakan ala kadarnya. Kemudian, isinya tulisan-tulisan absurd yang terkadang saya sendiri pun tidak mengerti. Sekarang? Bisa dibilang sekarat.
Ada banyak hal yang membuat kebiasaan menulis saya menjadi ‘ngadat’. Salah satunya adalah trade-off. Sering kali kita mengalami kondisi ketika kita tidak bisa memilih banyak hal karena keterbatasan. Itulah yang saya alami.
Nah, pilihan yang saya pilih adalah jarang menulis. Saat di SCI, saya sering tidur, tidak semangat belajar, setiap kali ujian semester hanya berharap jawaban yang saya bulatkan adalah jawaban yang benar. Keberuntungan sering menghampiri. Jawaban yang saya bulatkan itu sering benar. Saya tidak pernah mendapat nilai rapor di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal walau juga tidak bisa dibilang bagus. Sedang di perkuliahan, saya jarang tidur (jika kalian melihat saya tidur di kelas, intensitasnya jauh lebih rendah dibanding saat di SCI), semangat belajar, dan menjawab soal ujian dengan pemahaman, bukan dengan asal-asalan. Jujur saja, menulis itu memang banyak menyita waktu dan pikiran. Saya dulu sering tidur pukul 12 malam bukan karena mengerjakan tugas tapi menulis blog. Alhasil, saya tertidur di kelas. Saya juga jarang mempelajari ilmu pengetahuan alam karena kebanyakan isi blog saya tentang fenomena sosial. Makanya, nilai saya biasa-biasa saja. Alhamdulillah, di perkuliahan IPK saya cum laude dan semoga terus meningkat.
Akuntansi, jurusan yang saya ambil, membuat saya lebih sering menulis laporan keuangan daripada menulis blog. Selain itu juga membuat saya ketika memeriksa jurnal bukan lagi seperti editor yang memeriksa apakah ini koheren (ketersambungan makna) atau tidak, tapi seperti auditor yang memeriksa apakah ini balance atau tidak.
Kuliah saya sesungguhnya tidak kalah menarik untuk diceritakan. Ada banyak paradoks yang bertebaran di sini. Tentu saja, paradoks-paradoks itu membuat saya sering pusing. Sekarang saya jadi bertanya, bagaimana kalau paradoks-paradoks itu diceritakan saja? Lumayan kalau selera humor saya sedang tidak jayus, hal itu bisa ditertawakan bersama. Setidaknya kepusingan saya bisa terbagi.
Untuk itu, saya sedang mempertimbangkan untuk aktif lagi menulis blog. Saya tidak mau membuat pembaca kecewa. Saya juga tidak mau membuat diri saya kecewa. IPK saya harus semakin bagus. Mungkin seiring bertambahnya usia, saya bisa mengelolanya dengan lebih baik.
Indahnya SCI dikelompokkan dengan label sci. Kalau indahnya Akuntansi Universitas Indonesia akan saya kelompokkan dengan label akui. Sepintas mirip dengan merek air minum, ya? Ya sudahlah. Semoga kita semua bisa konsisten menapaki jalan ke tujuan yang benar-benar harus dituju.

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “SCI dan AKUI

  1. Tami

    Hai kak kebetulan aku lagi cari di google dan langsung nyambung ke blog kakak ini. Kak, aku sekarang kelas 12 dan lagi cari info ttg jurusan. InshaAllah aku mau masuk akuntansi UI. Aku mau tanya-tanya sama kakak. Bolehkah kak? Kalo boleh bisa via line atau yang lain kak? Terimakasih hehe

Leave a Reply

