SNMPTN Tulis Tahun Ini = PHP

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, saya memutuskan untuk ikut SNMPTN lagi tahun ini. Kalau diterima, selisih yang bisa saya dapatkan sekitar Rp20 juta. Jumlah yang lumayan dibandingkan biaya SNMPTN yang tidak sampai 500 ribu (pendaftaran, bensin, waktu, dan lain-lain).
Saat mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA), saya tertawa-tawa saja. Bukannya sombong, tapi saya yang sudah terbiasa berlatih sejak SD merasa soal-soal tersebut tidak ada gregetnya. Soal-soal ini lebih mudah dari tahun lalu. Bahkan, menurut saya jauh lebih sulit soal ujian saringan masuk sebuah Madrasah Aliyah (SMA) yang pernah saya ikuti.
Setelah itu tes kemampuan dasar, terdiri dari matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Entahlah, lagi-lagi saya merasa soal-soal ini memang lebih mudah dari tahun lalu. Seingat saya tahun lalu saya harus menghitung atau membaca berulang-ulang untuk mengerjakannya.
Kemudian, tes kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial. Berhubung saya sudah setahun mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi, soal-soal ekonomi tidak terasa sulit. Soal-soal lain seperti sejarah, geografi, dan sosiologi saya kerjakan seperlunya saja.
Saya bingung. Tidak jelas, soalnya yang mudah atau saya mengerjakannya salah. Saya cek di Twitter, tidak ada yang mengeluh susah. Gawat. Ada yang berkicau: Alhamdulillah tadi ngerjainnya lancar, Cuma 3 soal yang nggak dijawab. Ketika saya cek di Facebook, guru bimbel saya (saat ikut bimbel tahun lalu) menulis, “… tapi ingat klo soal tampaknya mudah berarti saingan kita juga bisa ngerjaiinya…” Ternyata…
Ternyata soalnya memang mudah. Berarti, kalau saya diterima itu kewajaran, kalau tidak itu keterlaluan.
Sekian.
Semoga diterima.
Semoga IPK saya meningkat 4%.

Baca juga:

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s