Pertanyaan-Pertanyaan Tentang Jurusan Akuntansi Universitas #indonesia

Untuk teman-teman yang berencana kuliah di UI, berikut ada sedikit insight buat kalian. Semoga berguna untuk menyusun strategi.

 

Kemarin sistem masuknya bagaimana? Kok tadi sempat lihat daya tampungnya hanya 378.

Kalau sekarang sih kayaknya lebih besar peluangnya di SNMPTN Undangan, jadi tergantung nilai rapor kamu dan alumni sekolahmu

 

Ada 3 jalur, yang jalur “reguler, paralel, sama KKI” maksudnya yang paralel sama KKI itu apa?

paralel itu yang uang kuliahnya lebih tinggi dan nggak bisa dapat beasiswa UI, kalau KKI itu Kelas Khusus Internasional

 

KKI itu ditujukan buat siapa?

buat siapa aja yang ingin mengambil peluang double degree, gelar Indonesia dan luar negeri. kuliahnya di UI 2thn, luar 2thn

 

Bayarnya pasti lebih mahal?

iya. di luar negeri besarnya mengikuti biaya kuliah di tempat tersebut. belum tentu bisa ke luar juga, lihat nilai 2 thn di UI

 

Biasanya kalau di luar itu ke mana?

Belanda, Australia, dan kampus2 luar negeri yang menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomi UI

 

Yang KKI ada beasiswanya?

mungkin ada tapi tidak mudah, harus cari sendiri dari perusahaan2 yg menyediakan beasiswa

 

Yang menyediakan perusahaan? Bukan dari UI-nya sendiri?

UI cuma nyediain buat reguler

 

Ada sponsor perusahaan berarti. Biasanya perusahaan apa saja?

nanti ada daftar perusahaannya dari Adkesma, bidang yang mengurusi beasiswa

 

Oh iya kak, sempat tahu kalau akuntan bisa buka praktik sendiri kalau sudah sekolah 1 tahun setelah S1. Di UI ada?

kalau buka praktek sendiri yang penting lulus ujian profesi akuntan publik dan memenuhi izin usahanya aja…

 

Saingan masuknya pasti banyak -.-

coba dulu -.-

 

Iya, Kak… SEMANGAT!!!! Kalau ospeknya UI bagaimana?

cek di sini: https://latansaide.wordpress.com/2011/08/21/lari-sampai-fe/ …

 

Oke, Kak, terima kasih infonya.😀 Katanya akuntansi mulai rumit di tahun ke-2?

tergantung nyikapinnya gimana😀

 

Oke.. Kak. Terima kasih. Doakan bisa menyusul ke sana. Bisa pakai jas kuning dan dapat sambutan “SELAMAT DATANG MABA UI 2015”😀

gak ada sambutan kayak gitu, adanya SELAMAT DATANG CALON MENTERI!

 

Wihh… Kak langsung to the point.. Aammiinnn😀

emang kenyatannya gitu😀

 

Kelebihannya apa Kak di antara 3 jalur itu?

reguler: kesempatan biaya yang cenderung lebih rendah paralel: kesempatan peluang masuk besar KKI: kesempatan double degree

 

Oh, begitu😀 Kalau yang pertukaran pemuda itu ada?

ada, nanti diinfokan lewat kantor internasional UI

 

Itu apa lagi? Kantor Internasional UI?

bagian yang mengurus info2 dari luar negeri

 

Oh, pernah ikut, Kak?

belum😀 doakan segera. Aamiin

 

Aammiinn… Ingin ke mana, Kak?

Jepang😀

 

Aammiinn😀 Itu nanti banyak lowongannya?

kalau dibilang banyak, nggak juga sih

 

Hanya terbatas yang kasih?

iya :”)

 

Kak, ospeknya itu berapa lama?

4 hari

 

Hanya 4 hari? Sempat tahu kalau biasanya ospek ada 2. Ospek fakultas dan ospek universitas.

tergantung jurusannya.iya semua ada ospek fakultas sama ospek universitas

 

Jadi 4 hari itu hanya untuk anak akuntansi?

Iya

 

Kalau yang kasih ospeknya itu mahasiswa semester berapa saja?

sem brp aja bisa jadi panitia ospek

 

Oh begitu…😀 4 hari ospek sudah termasuk ospek universitas?

Sdh

 

Itu ospeknya nanti sehari penuh?

iya, dari jam 6 pagi-6 sore

12 Comments

Filed under Uncategorized

12 responses to “Pertanyaan-Pertanyaan Tentang Jurusan Akuntansi Universitas #indonesia

  1. maba

    apakah UI prodi akuntansi gak harus ambil profesi kak?

  2. tika

    osjur akuntansinya brp hari kak?

  3. kalo jalur undangan itu dapet keistimewaan apa aja sh kak? aku masih kelas X jadi masih bingung hehe

  4. Vira

    Assalamu’alaikum kak, aku dari Riyadh-Saudi Arabia. Aku sekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri di Riyadh.. InsyaAllah aku pngen melanjutkan kuliah di Indo, & ambil Psikologi/Akuntansi UI. Jd aku butuh banget info2 kayak gini.. Hmm sebelumnya maaf kalo terlalu banyak tanya kak😀
    1) di UI itu prodinya Akuntansi atau Ilmu Akuntansi kak? Atau sama aja?
    2) Untuk tes masuk akuntansi itu pilihnya Ipc yg Ips gitu atau apa kak?
    3) Peluang dapet lewat jalur undangan utk 2 jurusan yg aku pilih besar atau tdk? Utk jalur undangan, stiap prodi liat nilai mata pelajaran tertentu gak sih?

    Trimakasih kak sebelumnya..🙂

    • Waalaikumussalam Vira…
      1) Untuk S1 adanya akuntansi… setahu saya Ilmu Akuntansi itu program S2 untuk yg ingin menjadi dosen akuntansi
      2) yang IPS, tapi kalau di antara pilihan kamu ada jurusan IPA, pilihnya IPC
      3) wah kalau soal itu nggak tahu ya, gampangnya bisa lihat kakak kelas kamu berapa yg diterima jalur undangan ke jurusan itu, kira2 segitu kuota untuk sekolah kamu

  5. jihan

    kak tahun ini snmptn ui masih bisa lintas jurusan ngga ya kak?

  6. banyu

    ka kalo lintas jurusan buat akuntansi peluangnya dikit banget ga?

    • kalau masih di fakultas yg sama peluangnya masih besar dek, selagi bisa dan sesuai prasyarat kelulusan, ikuti matkul yang kamu suka

      kalau udah beda fakultas peluangnya dikit banget nih huhu… soalnya kalau regol suka paling belakangan gitu, kelas bersama keburu penuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s