#1hari1kebajikan – 30 DAY CHALLENGE DAY 16: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya?

If the world were to end tomorrow, what would you do with your remaining time on earth?

–> Still doing #1hari1kebajikan

Image

Jumat dan Sabtu kemarin, saya menghadiri Wealth Expo 2013 di Kota Kasablanka, Jakarta. Tiketnya saya dapat dari blogprita secara gratis, karena dia ada agenda lain yang harus dihadiri. Semoga Prita selalu menjadi hartawati yang baik hati.

Acara ini bertemakan “Transform Your Life with The World’s Top Financial Minds”. Pembicara pertama adalah Adam Khoo, Asia’s Top Success Coach, Hedge Fund Manager, dan Best-Selling Author.

Beliau mengawali seminarnya dengan berita online mengenai Indonesia adalah negara yang pertumbuhan ekonominya tercepat di dunia. Tentu ini disesuaikan dengan tepat di mana dia melakukan seminar (hehe).

Selanjutnya ia menjelaskan tentang penghasilan aktif dan pasif. Menariknya banyak juga yang tidak tahu apa itu. Penghasilan aktif adalah menjual waktumu untuk uang. Kamu akan mendapatkan gaji jika bekerja. Sumber penghasilan hanya satu. Sedangkan penghasilan pasif adalah penghasilan yang berasal dari aset-aset yang memproduksi penghasilan. Contohnya bisnis, property, dan asset intelektual (kekayaan intelektual seperti paten dan sebagainya).

Kemudian ia bertanya, “What is wealth?” Jawabannya adalah jumlah bulan/ tahun di mana kamu dapat tahan dengan gaya hidup kamu jika kamu berhenti bekerja sekarang. Menurutnya, rumusnya adalah w=Active Income/(Lifestyle expense-passive income)

Pak Adam pun menjelaskan tentang kunci untuk menciptakan kekayaan. Orang-orang menengah ke bawah dikondisikan untuk mencari pekerjaan dan menhasilkan penghasilan dari satu sumber (penghasilan aktif). Mereka menemukan bahwa mereka tidak pernah cukup untuk membayar semua pengeluaran. Mereka berjuang secara financial dan terjebak dalam “rat race”. Orang kaya menjadi kaya dengan menciptakan atau membeli asset yang memproduksi penghasilan seperti bisnis dan real estate. Bisnis menghasilkan laba. Real estate menghasilkan uang sewa. Aset-aset tersebut naik nilainya dan memberikan laba luar biasa ketika dijual.

Bagaimana para triliuner menciptakan kekayaan mereka? Bill Gates, Donald Trump, Ray Kroc, Warren Buffet, Li Kah Shing, dan sebagainya… ternyata mereka membeli perusahaan-perusahaan sukses.

Jika kamu menginvestasikan $10,000 di McDonalds pada 1980, investasi kamu akan bernial $1.47 juta pada Februari 2012. Jika kamu menginvestasikan $10,000 di Dairyfarm (7 Eleven, Giant, Cold Storage) pada 2000, investasi kamu akan bernilai $240,000 pada 2012.

Ada juga cara lain, yaitu sesuatu yang disebut Real Estate Investment Trusts (REITs). REITs membuatmu untuk memiliki portofolio property dengan mendapatkan penghasilan pasif (5%-8%).

  • Dengan minimal investasi kira-kira $600
  • Tanpa membayar materai dan pajak pada penghasilan sewa
  • Tanpa susah-susah mengambil pinjaman hipotek (KPR) yang besar, mangatur penyewa, mengelola property, dan sebagainya
  • Dengan kemampuan untuk memiliki banyak property unggul dan memecah risiko.
  • REITs menyalurkan 90% dari penerimaan sewa mereka ke kamu setiap tahun!

Image

Pelajaran yang didapat dari Adam Khoo hari itu adalah jika kamu ingin jadi kaya, kamu harus memiliki bisnis dan real estate. Pasar modal membuat kamu bisa membeli dan memiliki bisnis yang sukses tanpa risiko dan kerumitan jika kamu memulai bisnismu sendiri. Kamu dapat menjadi karyawan dan menikmati manfaat dari menjadi pemilik beberapa perusahaan yang secara publik terdaftar di pasar modal. Pasar modal juga membuat kamu bisa membeli asset real estate dengan modal sangat kecil dan mendapat penghasilan sewa (lewat Real Estate Investment Trusts).

Sebenarnya, ada banyak cara lain untuk menjadi kaya. Waktu itu pernah diberikan dalam training Ippho Santosa, antara lain menjadi penemu sesuatu yang sangat berguna untuk masyarakat dan mematenkannya, menjadi artis terkenal, menjadi penulis yang bukunya sangat meledak, menjadi raja (pemimpin negara), menjadi deal maker (negosiator), dan sebagainya.

Setelah istirahat makan siang dan salat Jumat, pembicara selanjutnya adalah Fabian Lim (Asia’s Leading Internet Marketing Expert), Mario Singh (Pendiri dan CEO FX1 Academy), dan James Gwee (Indonesia’s Leading Trainer in Sales and Peak Performance). Sayangnya, saya harus mengejar kereta ke Universitas Indonesia untuk mengahadiri kelas Pengauditan 1.

Untuk keesokan harinya (Sabtu), akan diceritakan di postingan selanjutnya ya…

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “#1hari1kebajikan – 30 DAY CHALLENGE DAY 16: Bagaimana Cara Menjadi Orang Kaya?

  1. Sayang ngga bisa ikut semua materi pembicara ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s