#1hari1kebajikan – 30 DAY CHALLENGE DAY 17: Bagaimana Strategi Investor Sukses?

What do you want to be when you get older?

–Get wealth, spread kindness

Credit by @asteroiidea

Sabtu, 14 September 2013, Wealth Expo Indonesia 2013 diawali oleh Merry Riana, Asia’s #1 Female Motivational Speaker. Perempuan muda ini terlihat menakjubkan dan menawan dalam busana merah. Cantik, energik, penuh semangat dan semua yang dari hati sampai ke hati. Inspiring and empowering session. Begitulah kesan-kesan yang ditangkap oleh para peserta. Berikut kutipan-kutipan darinya:

Karena titik awal keberhasilan adalah impian. Apa mimpi sejuta dolarmu?
Tes atau ujian dalam mengejar mimpi harus dilalui untuk menguji keseriusan kita mengejar mimpi sejuta dolar kita.
Lakukan hal yang kecil dengan jiwa yang besar.
Untuk mencapai mimpi sejuta dolar,ada harga yang harus dibayar, salah satunya KERJA KERAS.
Bukan karena tidak ada rintangan kita optimis, justru karena kita optimis, rintangan bukanlah halangan.
Ingat, ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan. Bayarlah sekarang selagi Anda masih muda.
It’s not just about achievement, it’s about fulfilment. Bagaimana kita membuat dan merasakan hidup ini berarti.
“Protect your dream”
Dream. Action. Desire. Fulfilment.
Have a vision, make action and gather a passion with fulfillment.

Setelah itu, Adam Khoo tampil kembali. Kenapa tampil kembali? Tentu saja, acara ini diselenggarakan oleh PT Adam Khoo Learning Technologies Group. Ia menjelaskan tentang 4 (empat) kunci untuk investor sukses.

Rumusnya adalah WWW.HM. Berinvestasi yang menguntungkan semuanya tentang…
20% WHAT to buy -> fundamental analysis
10% HOW MUCH to buy -> risk management
30% WHEN to buy -> technical entry signals
40% WHEN to sell -> technical exit signals

Selanjutnya, dia menjelaskan tentang strategi investor sukses.

  1. Identifikasi bisnis yang sangat bagus
  2. Beli ketika harga saham undervalued (lebih rendah dari nilai intrinsiknya) dan pada sebuah tren naik
  3. Jual ketika saham berbalik menuju sebuah tren turun

To achieve this you must understand the business behind the stock,” katanya. Ia meneruskannya dengan 8 langkah membeli saham dengan potensi pertumbuhan tinggi dan risiko rendah. Delapan langkah tersebut akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Sesi berikutnya diisi oleh Mohammad Ismail Gafoor (Mohd Ismail), CEO Propnex. Ia memulainya dengan menceritakan tentang keluarga dan masa kecilnya yang keras. Ia harus bangun setiap harinya pukul 4 pagi dan mengantarkan koran. Di awal usia 20-annya, ia mulai mengenal bisnis property dan membuat satu juta dollar pertamanya saat usia 28 tahun.

Sebelum pembicara terakhir, ada Han Budiyono, renowned entrepreneur, educator, & business coach. Ia sangat sadar bahwa peserta gregetan kenapa lagi-lagi (dan lagi) bukan Chris Gardner yang muncul. Meski begitu, materi dan presentasinya sangat oce. Salah satu yang hebat adalah simulasi apakah bisnis kamu sudah bisa berjalan sendiri meski kamu tidak ada.

Hari ini adalah hari Senin. Berbulan-bulan sebelumnya, kamu telah menyiapkan suatu proyek yang sangat penting dan akan disepakati pagi ini pukul 9. Namun, karena kamu masih mengurusnya hingga tadi malam, hari ini kamu bangun kesiangan. Jam menunjukkan pukul 8.30 pagi. Kemudian, apakah kamu sanggup menelepon orang kepercayaan kamu di kantor seperti ini, “Halo, saya bangun kesiangan hari ini. Sepertinya tidak akan sampai ke lokasi pukul 9. Lagipula, kepala saya masih nyut-nyutan efek begadang. Begini saja, kamu saja yang handle semuanya. Beri saya kabar baik pukul 12 siang nanti ya!” Kalau tidak sanggup, berhenti baca di sini.

Tidak cukup sampai di situ. Sanggupkah kamu menghubungi orang itu kembali dengan berkata, “Wah, sepertinya saya perlu cuti tiga hari ini. Tolong jangan hubungi saya, telepon, BBM, WA, SMS, e-mail, apa pun itu hingga tiga hari ke depan ya!” Kalau tidak sanggup, berhenti baca di sini.

Terakhir, apa setelah tiga hari itu, kamu sanggup menghubunginya kembali, “Saya mau liburan ke tempat yang jauh nih selama tiga minggu. Tolong jangan hubungi saya, telepon, BBM, WA, SMS, e-mail, apa pun itu hingga tiga minggu ke depan ya! Kamu Cuma boleh kirim email ke saya tiap weekend, itupun tentang kenaikan profit mingguan.”

-_-“ … sesuatu banget

Pembicara terakhir yang paling ditunggu-tunggu adalah Chris Gardner, inspirasi kehidupan nyata di balik Hollywood Superstar berdasarkan karakter Will Smith pada blockbuster “The Pursuit of Happyness”, how one man went from homeless to Hollywood. Namun, sebelum dia naik panggung, saya sudah keburu pulang karena perjalanan pulang cukup jauh dan memakan waktu. Kemacetan Jakarta mampu membuat kepekatan malam datang lebih cepat.

6 Comments

Filed under business, motivation

6 responses to “#1hari1kebajikan – 30 DAY CHALLENGE DAY 17: Bagaimana Strategi Investor Sukses?

  1. Waah sayang banget Kak. Tapi emang acaranya malem banget sih, sampe maghrib. Simulasi Han Budiyono keren, bikin saya mikir banyak. Makasih Kak postnyaa

  2. Waaaa… kok ngga nunggu Chris Gardner?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s