Sir @DedyDahlan ‘s #PassionShow Live Passion Coaching #KomunitasBerbagiPassion

“Nothing is hard to do once you understand it. This is why you want to match up with experience.”

–Dawn Abraham

 

Kalau biasanya saya menulis review dari seminar atau talkshow, kali ini saya menulis mengenai coaching. Apa itu coaching? Coaching adalah proses membantu orang lain (coachee) tampil di puncak kemampuannya. Coach membantu coachee mengidentifikasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan sehingga coachee dapat menemukan jawaban-jawaban yang sangat personal agar mampu mengembangkan kekuatan mereka. Peran Coach adalah untuk membantu orang tersebut dalam mengatasi resistensi internal dan gangguan yang ada, memberi umpan balik atas perilaku, serta memberikan tips dan bimbingan.

 

Image

 

Hari Kamis, 17 April 2014, saya menghadiri #PassionShow Coaching di Jakarta Design Center. Acara ini diselenggarakan oleh Inspira Asia, Passion Activation. Passion Show adalah Workshop Passion melalui Live Coaching yang dikemas dalam kemasan Stand Up Comedy.

 

Image

Acara ini diawali dengan opening act stand up comedy oleh Luqman Baehaqi. Saya suka dengan joke-nya yang mengenai dongeng Indonesia yang ceritanya tidak solutif dan inspiratif. Yah, saya juga bingung dengan dongeng Indonesia. Namun, jangan salah, dongeng luar negeri juga kadang berbahaya. Hal ini pernah saya kupas secara tidak ilmiah dan tidak sistematis di Dongeng Anak Terkadang Berbahaya, yang karena permasalahan server diskusi yang ada di kolom komentar terhapus semuanya.

 

Image

Formula passion yang ia kembangkan adalah

How do you enjoy what you do (Passion/ suka)

… through means that fits you and your best skills … (Identity/ jago)

… and give the right effort for a worthy cause. (PayOut/ dibayar).

 

Dalam coaching ini selain dibimbing untuk membangun karir dengan hati, saya juga dapat inspirasi-inspirasi tentang profesi-profesi baru yang sebelumnya tidak pernah ada dan sekarang malah dibutuhkan. Banyak orang bertanya, untuk apa sih saya menghadiri acara ini? Jawabannya sederhana. Sebagian besar kehidupan kita dihabiskan untuk bekerja. Lalu, jika kita tidak enjoy dalam bekerja, otomatis kita tidak enjoy dalam kehidupan.  

 

Kalau kamu sekarang sudah bekerja, apakah coaching ini akan membuatmu resign atau pindah karir? Tidak juga. Sebetulnya acara ini akan merancang keberhasilan kamu dalam profesi kamu yang ‘Gue Banget’! Bisa jadi, profesi kamu sekarang sudah ‘Gue Banget’ sehingga tinggal dikembangkan agar lebih bersinar. Namun, kalau ternyata justru profesi yang sekarang belum ‘Gue Banget’, berarti kamu harus segera merancangnya sesuai yang ‘Gue Banget’.

 

Last but not the least, ada Bonus Stand Up Show “Ikatan Suami Takut Istri”. Makin seru, deh! Oya, kalau kamu mau bebas bicara passion, yuk gabung di Komunitas Berbagi Passion.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

