Mereka yang Bikin Janji, Aku yang Harus Realisasiin?

Sebelum UAS, “Ah, besok nggak usah nonton debat capres ekonomi deh. Calon ekonom masa depan ‘kan bukan yang menonton debat capres tentang ekonomi besok, tapi yang belajar buat UAS mata kuliah Perekonomian Indonesia.”

 

Saat UAS, soal nomor 1, “Jelaskan pro, kontra, dan tantangan dari janji kampanye pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK, fokuslah pada bidang penyediaan tenaga listrik dan hal-hal lain yang berkaitan!”

Image

 

Soal selanjutnya, “Jelaskan pula tahap-tahap apa yang menurut Anda perlu dilakukan untuk merealisasikan janji kampanye kedua pasangan tersebut!”

Image,

 

Image

 

Entahlah, saat saya mengerjakan soal di ruang ujian yang dingin itu, saya hanya bisa bergumam, “Wah, pantas saja yang namanya janji kampanye suka dianggap omong kosong oleh rakyat. Ternyata, hal-hal yang dibutuhkan untuk merealisasikannya belum mencukupi. Mulai dari dana APBN yang terlalu banyak persentasenya untuk belanja wajib sehingga dana untuk belanja infrastruktur tinggal sedikit, hingga permasalahan kurang tersedianya SDM yang berkualitas. Itu waktu bikin, pakai datanya bagaimana ya? Kok, rasanya kurang realistis melakukan hal-hal itu. Sulit, tapi bisa siiih dengan skenario-skenario khusus untuk merealisasikannya.”

 

Oya, masih ingat mengenai kutipan Jokowi mengenai programmer?

 

Image

Di saat banyak programmer yang masih terkaget-kaget dengan pernyataan Jokowi tersebut,

Image

ternyata ada orang yang sudah iseng-iseng bikin semacam ‘project plan’ kalau seandainya dia di posisi Project Manager bagi proyek dahsyat ini.

Image

 

Ya, mungkin Indonesia butuh lebih banyak lagi orang yang ‘membantu’ presidennya nanti untuk merealisasikan janji-janji kampanyenya daripada ribut-ribut menagih bukti. Bagaimanapun, presiden juga manusia …

 

Kalau kata orang keren, “It’s kind of fun to do something impossible.”

 

OOT: Kemudian nyadar kalau pin BBM saya udah di-delcont mamanya si Abang Project Manager itu gara-gara nggak jadi beli rumahnya yang di bilangan Depok -_-” Ah, Bunda… maafkan daku :”(

 

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Mereka yang Bikin Janji, Aku yang Harus Realisasiin?

  1. ini soal ujian apa kampanye? kayaknya disusupi kampanye dan politik gitu?
    jadi, mereka yg janji kita yg penuhi? apaan itu? harusnya mereka yang penuhi janji mereka dengan tim mereka. ada tim sukses dan kampanye tuh. kalo bisa janji harusnya bisa penuhi lo.
    emang sih janji itu itu mudah. beberapa menit selesai. kerja tim sukses bisa beberapa bulan. tapi penuhi janji itu gak cuma segitu. bisa2 perlu 10 – 20 tahun untuk merubah bangsa ini karena semua penduduknya masih berada dalam kondisi begini dengan sistem dan pemikiran yang masih begini juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s